Minggu, 23 Mei 2010

ikan

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak , jukut .

Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.

jenis-jenis ikan

beberapa jenis ikan berdasarkan tempat hidupnya:

Ikan laut :

* Barakuda
* Coelacanth
* Haring
* Hiu
* Tengiri
* Tongkol
* Terubuk
* Lion Fish
* Ikan Kerapu
* Blowfish
* Ikan Teri
* Ikan Kakap
* Ikan Pipis

Ikan air payau

* Bandeng - bentuk tubuhnya agak panjang

Jenis ikan air tawar

* Arwana
* Belut
* Betok
* Gabus
* Gurami
* Ikan Mas
* Mujair
* Lele
* tawes
* nilem
* jelawat
* semah
* mola
* kowan (grasscarp)
* hampal
* patin
* baung
* lais
* tambakan
* bawal
* sepat siam
* betutu
* nila
* sidat
* papuyu
* Paedocypris progenetica - ikan terkecil di dunia
* Sepat

Adapun hewan-hewan berikut bukanlah termasuk jenis ikan secara harfiah. Mereka sebenarnya mamalia, tetapi memiliki predikat ikan karena hidupnya di air:

* Lumba-lumba
* Ikan paus

0 komentar:

Posting Komentar